Tanaman Buah Dalam Pot Cepat Panen Berbuah

Halo teman-teman, hari ini aku mau sharing tentang tanaman buah apa saja yang bisa ditanam di pot dan cepat panen atau cepat berbuah ya 😊. Sharing aku ini, aku bagikan berdasarkan pengalaman aku sendiri ya teman-teman.


Rumah kami bukan rumah yang besar atau memiliki halaman yang luas, dengan keterbatasan ini aku memilih menanam aneka buah di dalam pot saja. Bersyukur, sejauh ini kami sudah menikmati aneka buah dari hasil panen menanam di dalam pot 😍. 

Oke ini dia aneka tanaman buah yang bisa kita tanam dalam pot dan cepat panen atau cepat berbuah.

1. Strawberry 

Yang pertama kita bisa coba tanam strawberry. Strawberry memiliki ukuran tanaman yang mungil, sehingga mudah ditanam di dalam pot. Strawberry juga relatif mudah berbuah dan berbunga. Jika teman-teman tinggal di dataran rendah, pilihlah strawberry dataran rendah dan sebaliknya, jika teman-teman tinggal di dataran tinggi, pilihlah jenis strawberry yang cocok ditanam di dataran tinggi.

Kami tinggal di Yogyakarta yang rendah datarannya dan suhunya panas. Dulu aku sempat mengira kalau kami nggak mungkin bisa menanam strawberry di dataran rendah. Ternyata setelah aku coba sendiri, kami sudah panen buah strawberry berkali-kali walaupun jumlahnya terbatas karena pot yang kami gunakan juga mungil dan hanya beberapa saja ya teman-teman hehe..


2. Pepaya

Ada banyak jenis pepaya yang mungkin kita kenal, salah satu jenis pepaya yang sudah berhasil kami tanam dalam pot dan berulangkali panen adalah jenis pepaya ini (klik linknya ya teman-teman itu link marketplace shopee kok, jadi teman-teman bisa langsung belanja di sana ya.)

Jika kita menanam pepaya dari biji, kurang lebih setahun kemudian pepaya itu sudah mulai panen berbuah. Sekali pepaya berbuah, dia akan terus berbuah selama 2 sampai 3 tahun kedepan. Buah pepaya akan siap dipanen setiap minggunya, bahkan kadangkala dalam satu minggu kita bisa panen 2 buah pepaya per 1 pohonnya.

Jadi, dengan menanam pepaya jenis ini kita nggak akan kekurangan buah untuk konsumsi rumahan ya hehehe. 😊. 


3. Markisa

Markisa merupakan tanaman buah yang tumbuh merambat. Walaupun ditanam di pot yang ukurannya kecil, dia bisa tumbuh subur dan berbuah lebat loh. Perawatan markisa juga tergolong mudah dan murah.

Pada awalnya aku iseng aja sih menanam markisa di balkon, tujuannya supaya balkon nggak terlalu panas karena sinar matahari bisa diserap oleh daun-daun markisa. Siapa sangka, walaupun ditanam di pot dengan diameter 30 cm, markisanya berbuah cukup lebat. 

Markisa yang aku tanam adalah markisa jenis yang kuning ya teman-teman. Ada beberapa jenis markisa yaitu markisa kuning, markisa oren,  markisa merah keunguan. Apakah jenis markisa yang lain juga bisa berbuah walaupun di pot dengan diameter 30 cm? Aku sedang mencoba menanamnya nih teman-teman, nanti aku update ya hihihi 🙂.

4. Mulberry / Bebesaran 

Buah lain yang bisa kita tanam dalam pot dan cepat panen atau berbuah adalah mulberry. Berbeda dari Strawberry yang tumbuh menjulur,  mulberry merupakan buah Berry dengan bentuk pohon. Mulberry bisa tumbuh sebagai pohon besar bisa juga mungil tergantung bagaimana kita memberi kesempatan dia tumbuh 🙂.

Dulu kami menanam mulberry di pot yang besar (diameter 60 cm), hasilnya sangat cukup untuk konsumsi rumahan. Tanaman ini juga bisa berbuah sepanjang tahun, jadi cocok dijadikankan sebagai sumber pemenuhan kebutuhan buah rumah kita. 

Ketika Mullberry kita tanam di pot yang ukurannya mungil, Mullberry tetap bisa berbuah walau terbatas jumlahnya 🙂.

Ada beberapa jenis mulberry yang bisa kita pilih, berikut link tempat aku membeli aneka mulberry yang aku tanam ya.

5. Buah Ara / Buah Tin

Buah ara atau buah tin sering disebut di kitab suci Alquran juga Alkitab.  Ternyata buah ini mudah ditanam dalam pot dan cepat berbuah loh. Gizi buah ara atau buah tin sudah nggak perlu diragukan lagi ya sebab sudah banyak literatur-literatur yang membahasnya.


Ada beberapa jenis buah tin yang bisa kita pilih. Aku menanam buah tin warna keunguan seperti di gambar ya teman-teman. Ketika masih kecil belum matang dia berwarna kehijauan, tapi begitu matang warnanya berubah menjadi ungu cantik 🙂. Oh ya tempat aku beli bibit tin ini di sini ya.

6. Kelengkeng

Dulu, rasanya nggak mungkin aku bisa punya pohon kelengkeng di rumah aku, karena rumah aku mungil banget 😄. Karena aku sangat menyukai buah kelengkeng, aku iseng cari-cari info tentang pohon kelengkeng. Saat itu kaget juga ternyata pohon kelengkeng bisa ditanam di pot yang mungil dan berbuah dengan baik.

Gak lama kemudian, aku membeli bibit kelengkeng di sini. Aku tanam dan rawat dengan baik di pot dengan diameter 60 cm. Beberapa bulan kemudian pohon kelengkeng yang aku beli sudah berbunga dan gak lama kemudian kami bisa menikmati buah kelengkeng hasil pot 🥰. 

Untuk satu pohon dengan pot diameter 60 cm, aku bisa mendapatakan 1 kg kelengkeng di panen kedua. Panen pertama hanya beberapa biji saja 😄, konon semakin dewasa dan besar ukuran pohon kelengkeng , semakin banyak buahnya.

7. Jeruk Limau

Jeruk limau sangat mudah dipelihara dan cepat berbuah walaupun ditanam di pot yang tidak terlalu besar. Dulu kami sampai kepikiran untuk menjual hasil jeruk limau kami karena untuk konsumsi rumah terlalu banyak hehehe..

Sayangnya begitu kami renovasi rumah, jeruk limau kami mati karena tertimbun pasir 😅😅. Mohon doanya ya agar jeruk limau kami yang baru ini bisa sama berbaktinya dengan yang dulu 😁.

8. Srikaya

Buah berikutnya yang bisa ditanam di pot dan cepat berbuah atau panen adalah srikaya. Srikaya yang kami tanam kami dapatkan di sini ya teman-teman. 

Srikaya ini punya ukuran yang lebih besar daripada srikaya yang ada waktu aku kecil.Srikaya ini juga lebih manis dan tidak berpasir teksturnya.

Srikaya ini sudah mulai berbunga beberapa minggu setelah kami pelihara, saat itu tingginya masih sekitar 1 meter. Karena kesalahan nutrisi, bunganya tidak pernah menjadi buah. Beberapa minggu kemudian setelah aku tambahkan cangkang telur, siraman air daging, dan cascing barulah ia berbuat dengan lebat. 

Ketika berbuah lebat itu tingginya pun tidak sampai satu setengah meter, Nggak jarang batang tempat tumbuh bunganya juga sangat mungil, karena aku takut batangnya patah, aku bantu dengan menyangganya menggunakan pita dan juga tongkat kayu.

Srikaya lama kami juga mati ketika kami renovasi rumah karena tertimbun pasir. Mohon doanya ya semoga  Srikaya baru yang kami tanam juga bisa berbakti seperti yang dulu. Amin. 😁.

Oke teman-teman sekian sharing aku tentang tanaman buah dalam pot yang cepat panen dan berbuah. Semoga sharing aku bermanfaat..

Best regard

Instagram: @rumahcherish88_com
Facebook : RumahCherish88.Com
Youtube : Rumah Inova Melisa



23 comments

  1. Terima kasih sudah berkunjung..
    Semoga yang saya bagikan bisa bermanfaat ya.. Aminn 🙂

    ReplyDelete
  2. Mba, aku juga pernah punya pengalaman menanam kelengkeng di pot.

    Iya, pernah tumbuh juga dan berbuah.

    Tapi.setelah itu tidak pernah berbuah lagi dan daunnya mati.

    Dengan sedih akhirnyaaaa kami tebang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh turut berduka mba.. aku paham rasanya kemarin saat renov rumah kelengkeng aku juga mati mba, ke tutup pasir bangunan 😅

      Delete
  3. Waaah ini tanaman yang semuanya pingin aku tanem di rumah.. tapiii yang sekarang bisa ditanem cuma cabe rawit merah aja.. makasih tipsnya bikin semangat coba tanaman baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama 😍 aku jadi pengin nanam cabe juga

      Delete
  4. Kakaaaak tanganmu itu berarti cucok banget di tanaman ya.. Bisa tumbuh dan berbuah.
    Eh mitos tangan ini benar gak sih kak? Aku mupeng liat mulberry dan juga markisa. Oh ya srikaya itu di medan jarang kelihatan sekarang. Kalo pas aku kecil aku taunya di sini nyebutnya buah nona. Gak tau napa gitu namanya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaa mungkin karena seneng aja ya hihihi.. Suamiku sampe bilang sayang bener sama taneman-taneman 😄😄. Ohh namanya buah nona ya disana.. Menarik

      Delete
  5. Banyak ternyata buah yang bisa ditanam di dalam pot dan cepat panen ya
    Ada strawberry pula yang biasanya butuh udara sejuk
    Dirimu cocok merawat tanaman berarti Kak, telaten.
    Semoga srikaya barunya subur juga yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Self Healing aku mba.. Jadi kalau lagi sebel macul bayangin yang dipacul... (loh psikoo 🤣🤣🤣) hahaha kidding. Terima kasih ya mba

      Delete
  6. Serius mbak aku pengen banget nanam pohon kelengkeng. Secara aku dan suamiku doyan bgt sm klengkeng. Uhuhu jadi semangat nanam di pot nih. Siapa tahu bisa panen kaya mbak dpt 1 kilo wlpun panen pertama 1 biji. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa 🤣🤣 Aminn Aminn semoga panen mba kelak berlimpah ya

      Delete
  7. Sebagai yang kurang telaten dalam urusan perhijauan 🙈,lihat postingan ini merasa kagum sekali.
    Kalau kata orang tua dulu tangan dingin nih mbak👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atas berkat Tuhan saja mba.. Terima kasih sudah berkunjung ya mba keren 😍

      Delete
  8. Dari semua dalam artikel, saya punya pohonnya kecuali yg mulberry itu. Tapi lengkeng saya malah belum berbuah. Semoga cepat berbuah juga

    ReplyDelete
  9. Ternyata strawberry bisa juga ditanam di dataran rendah dan cuaca panas ya mba jadi tertarik mau tanam, di rumahku skrg ada pohon srikaya, kedondong, nanas dan bunga telang, skrg mau tanam terong dan tomat, seneng banget aku klo liat tanaman bertumbuh dan berbuah :D

    ReplyDelete
  10. wah bisa saya coba kak nanam buah-buah ini di rumah pasti seru banget niy pas panennya

    ReplyDelete
  11. Gemes deh ama pohon kelengkengnya ya Mom, di panen kedua bisa dapet 1 kg dari hasil tabulapot ya, tanam buah dalm pot di pekarang rumah, keren banget. Nice info toko online nya,,

    ReplyDelete
  12. Wah.. saya jadi teratik sekali ini.
    Saya sendiri udah punya niatan buat nanam nanam...
    Tapi gak pernah eksekusi.
    Jadi semangat lagi setelah baca tulisanmu mba.. apalagi ada link buat beli bibitnya...
    terimakaish infonya mba

    ReplyDelete
  13. Mbaa aku selalu gagal memindahkan dari polybag ke pot. Mereka udah pasti langsung udahan gituu setelah tumbuh bentar di polybag hiks

    ReplyDelete
  14. senengnya bisa berhasil walaupun cuma di pot :) tapi kadang lebih kecil aja gitu ya buahnya hehe

    ReplyDelete
  15. Masyaallah lihat postingan ini berasa semangat lagi nanam di pot mini, yah gimana lagi depan rumah nggak ada lahan kosong hehe

    ReplyDelete
  16. Wah ada banyak ya yang bisa ditanam di pot. Kalau aku, cuma tanam stroberi sama lombok

    ReplyDelete

Silahkan Bagikan ^^

>