7 Alasan Gunakan Shower Air Panas Air Dingin





7 Alasan Gunakan Shower Air Panas Air Dingin

Saat ini shower air panas dan air dingin banyak digunakan di rumah modern. Nah sebetulnya apa sih alasannya sehingga kita mesti menggunakan shower air panas dan air dingin? 

Ada 7 alasan mengapa kita mesti menggunakan shower air panas dan air dingin di rumah kita, berikut penjelasannya ya.. ☺

1. Lebih hemat air
Ketika kita mandi menggunakan gayung, kita akan menghabisan air lebih banyak,  begitu juga jika kita mandi menggunakan bath up.

Menurut penelitian yang aku kutip dari rucika, sekali mandi menggunakan shower selama 8-10 menit kita hanya memerlukan 60-75 liter air bersih. Sedangkan ketika kita mandi menggunakan gayung, kita bisa menghabiskan hingga 100 liter air. Jika kita mandi menggunakan bath up, kita dapat menghabiskan 100 sampai 200 liter air.

Masalah hemat air ini bukan hanya menyangkut biaya air yang harus kita bayarkan, tetapi juga menyangkut masa depan kita kelak, sebab kita tahu saat ini kita umat manusia sedang menghadapi krisis air bersih.

2. Alasan kepraktisan.
Menggunakan shower jauh lebih praktis dibandingkan kita mandi menggunakan gayung dengan bak mandi (ember) ataupun menggunakan bath up.

Kita tidak perlu mempersiapkan air panas yang akan kita gunakan untuk mandi, cukup buka kerannya dan air panas sudah kita dapatkan. Beda halnya jika kita mandi menggunakan gayung dengan bak mandi (ember) ataupun dengan bath up.

Kemudian jika kita menggunakan shower air panas air dingin, kita tidak perlu repot menguras bak dan bath up. Menguras bak dan bath up memerlukan banyak waktu dan tenaga ya.

3. Memutus daur hidup nyamuk dan serangga lainnya.

Seperti kita tahu, nyamuk dan beberapa serangga lainnya memerlukan media air untuk berkembang biak. Dengan menggunakan shower air panas air dingin, kita tidak hanya memutus daur hidup nyamuk dan serangga, tetapi juga menjaga kamar mandi lebih kering, lebih bebas lembab sehingga kurang disukai oleh serangga.

4.  Hemat tempat.

Alasan yang keempat adalah shower air panas dan air dingin tidak memerlukan tempat yang luas, lain halnya dengan bak mandi ataupun bath up. Saat ini rumah modern memiliki luas yang terbatas tanpa mengurangi fungsinya.

5. Higienitas atau kebersihan.

Air yang keluar dari shower air panas air dingin, relatif lebih bersih daripada air terbuka yang ada di bak. Ketika kita mandi air juga mengalir dari kepala turun ke kaki, di mana kepala relatif lebih bersih daripada daerah kaki kita. Sedangkan jika kita mandi menggunakan bath up, kita berbaring dalam posisi yang relatif sejajar antara kepala dan kaki, dan airnya tidak mengalir.

6. Kesehatan.
Mandi air panas maupun mandi air dingin memiliki manfaat kesehatan yang berbeda-beda. Ada terapi yang dinamakan dengan terapi kontras air, terapi ini dilakukan dengan mandi air panas dan air dingin dalam sekali waktu mandi secara bergantian selama 20 menit, tujuannya untuk meningkatkan kesehatan, vitalitas serta produktivitas.

Jika kita melakukan terapi kontras air menggunakan shower air panas dan air dingin pasti jauh lebih hemat air dan lebih praktis dibandingkan menggunakan gayung bak mandi ataupun bath up ya. 

7. Sesuai dengan gaya hidup modern.

Orang lain yang sedang bertamu di rumah kita tidak akan kesulitan untuk menggunakan shower air panas ataupun air dingin. Kita juga bisa membiasakan anak-anak kita untuk menggunakan shower air panas dan air dingin, sehingga ketika bepergian mereka tidak sulit beradaptasi.

Ok sekian 7 Alasan Gunakan Shower Air Panas Air Dingin versi aku, semoga bermanfaat ya 🙂. Aneka pernik rumah yang kami gunakan ada disini yah.. 

.
Best Regard
Inova Melisa
@rumahcherish88_com
Youtube : Rumah Inova Melisa 
.
#rumahinovamelisa

No comments

Silahkan Bagikan ^^

>