Manfaat Cahaya Matahari Di Kamar Tidur



Kenapa orang dahulu menganjurkan sinar matahari masuk ke dalam kamar tidur kita? Disini aku coba sharing pengalaman aku ya Teman-teman.

Nah begini kira kira pemandangan kamar kami dipagi hari begitu jendela dibuka.

Setelah bobo di kamar ini, aku bisa merasakan banyak manfaat jika sinar matahari bisa masuk ke dalam kamar tidur teman-teman. Di kamar tidur kami yang lama, sinar matahari sama sekali tidak menyentuh kamar kami wkwkwk... 

So bisa banget aku ngerasain perbedaan sinar matahari masuk kamar tidur dan gak masuk kamar tidur, ok ini dia beberapa hal yang aku rasakan :
.
1. Pola hidup lebih teratur.
Karena sinar matahari masuk kamar tidur otomatis badan kita paham kalau hari sudah pagi, jadilah kami bangun pagi semalam apapun kami tidur hihihi.

Karena bangun pagi, malam kami cenderung sudah mengantuk dan tidur lebih cepat. Jadilah pola tidur kami lebih teratur dan sehat karena sesuai pola sirkadian tubuh manusia.

Pola sirkadian tidak bisa kita anggap sepele karena memengaruhi banyak hal dalam tubuh kita seperti sistem hormon, pencernaan, emosi, dan metabolisme tubuh lainnya. Jika pola sirkadian terganggu gak hanya tidur yang bermasalah tetapi juga bisa membawa masalah kesehatan fisik dan mental kita.

2. Udara kamar terasa lebih berkualitas, terasa banget buat yang alergian, kuman jahat lebih sedikit.

Aku memang punya alat penyedot debu ber UV, aku pake ini ya.. Setelah pake alat ini aku ngerasa kasur jadi enak buat bobok, aroma lembab dllnya gak ada.. Jadi terasa enak deh deketan sama kasur aku yang udah di sedot sama dia.

Nah kurang lebih sama dengan si kasur, udara kamar juga jadi enak banget seger gitu kalau sinar mataharinya masuk. Wajar ya lembab jadi ilang kena sinar matahari, tetapi lebih dari itu.. Setelah aku baca-baca ternyata ruangan yang terkena sinar matahari microba berbahayanya jauh lebih sedikit lo, termasuk bakteri.  Bahkan ternyata sejak dulu sinar matahari yang mengandung UV A dan B dijadikan disinfektan alami.

3. Pencahayaan cukup jadi hemat listrik, hemat biaya bulanan listrik deh wkwk..

Agar kita nyaman belajar dan bekerja pastinya perlu cahaya yang cukup yah, rumah-rumah kami sebelum ini banyak mengandalkan cahaya lampu karena sinar matahari tidak banyak masuk ke dalam.

Sekarang, banyak ruangan dan kamar kami terjangkau sinar matahari teman-teman ditambah kami sekarang mudah mengantuk ketika malam mulai datang, kami tidur dengan lampu dimatikan. Soo bisa dipastikan ya listrik kami jadi jauh hemat hehe..

4. Lebih merasa berenergi dan bersemangat di pagi hari.

Kami ngerasaain banget cahaya matahari bawa energi positif ke kami, jadi lebih semangat, lebih aktiv dan happy. Setelah aku
baca-baca kemungkinan besar karena perpaduan antara sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D dan juga pengaruh pencahayaan alami pada mood kita hehe..

Nah gimana teman-teman, ternyata banyak ya manfaat sinar matahari masuk ke dalam kamar tidur kita hehe.. Ok sekian sharing saya, semoga bermanfaat yah.
.
Best Regard
@rumahcherish88_com
www.rumahcherish88.com
Youtube : Inova Melisa 
.
#rumahinovamelisa

No comments

Silahkan Bagikan ^^

>