Pertimbangan Pemilihan Plafon Rumah


Plafon rumah adalah pembatas antara ruang rumah dengan langit-langit rumah. Ada dua bahan yang lazim digunakan sebagai plafon rumah, yaitu plafon gypsum dan plafon PVC.
Nah hal apa saja yang bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih plafon rumah sebagai berikut ya teman-teman.

Plafon Gypsum pernah kami gunakan di rumah pertama kami kemarin, secara harga plafon gypsum lebih terjangkau teman-teman.. 

Namun plafon gypsum juga memiliki kelemahan..  Saat rumah kami kena bocor tipis, plafon gypsum kami tidak tahan air sehingga airnya rembes sampai kelantai. Kemudian tidak lama kemudian, noda air bocor itu tampak kecoklatan di gypsum kami. Jadi walaupun kebocoran atap sudah kami atasi noda itu tetap ada disana, mesti dicat ulang.

Kasus yang lebih ekstrim di rumah masa kecil saya dulu, kebetulan tiba-tiba atap bocor besar saat hujan deras. Nah gypsum itu jatuh berguguran kebawah, untunglah tidak ada yang terkena bubur reruntuhan gypsum itu 😅.

Nah berbekal pengalaman masa lalu tentang kelemahan plafon gypsum, rumah kami kali ini kami menggunakan plafon PVC. Dari berbagai sumber disebutkan plafon PVC memiliki kelebihan sebagai berikut :

1. Plafon PVC tidak tembus air.
Jadi ketika kena bocor tipis, plafon pvc mampu menampungnya. Tetapi tidak dengan bocor besar ya.. Air akan mencari tempat yang rendah, misalnya sela sela plafon pvc kemudian air itu meluncur juga kebawah hehe..

2. Plafon PVC lebih tahan api.
Amit amitnya ya ada api, plafon PVC diklaim lebih tahan api dibandingkan dengan plafon gypsum.  Semoga kita semua dijauhkan dari bahaya api dalam rumah ya teman-teman.. Amin..

3. Plafon PVC tahan rayap.
Dia tidak disukai rayap, rayap tidak akan memakan PVC.. Beda halnya dengan gypsum yang disukai oleh rayap, rayap suka makan gypsum.

4.  Plafon PVC pemasangannya mudah.
Plafon PVC sudah berupa lembaran panjang, jadi tidak perlu banyak langkah untuk memasangnya. Hanya perlu diletakan dan disambung saja.. Kalau gypsum, perlu di paku ke rangka dan dicat.. 

5. Plafon PVC punya aneka model dan motif.
Kita bisa memilih motif sesuai dengan keinginan kita, disesuaikan dengan konsep rumah kita. Tanpa perlu di cat kembali ya teman-teman.

Kemarin saat memilih Plafon PVC kami melihat ada begitu banyak motif Plafon PVC dari yang classic minimalis, mewah, retro, ala panggung artis, bahkan ala ruang angkasa juga ada hehehe..

Jadi plafon PVC akan banyak membantu mewujudkan konsep rumah yang kita mau seunik apapun itu hehe..

Untuk rumah kami, karena konsepnya simple minimalis kami memilih 2 motif plafon PVC. Untuk lantai bawah kami memilih motif serat kayu, sedangkan untuk lantai atas karena plafonnya tidak terlalu tinggi kami memilih motif garis dengan warna dasar putih.

Ok teman-teman, sekian sharing saya kali ini.  Semoga bisa diambil manfaatnya yah..

Instagram: @rumahcherish88
Facebook : RumahCherish88.Com
Youtube : Inova Melisa
www.rumahcherish88.com




No comments

Silahkan Bagikan ^^

>