Tips Memilih Keramik Rumah





Halo teman-teman, kali ini saya Inova Melisa mau sharing tentang pedoman dalam memilih keramik rumah berdasarkan pengalaman dan rangkuman yang kami kumpulkan dari berbagai sumber untuk keperluan renovasi rumah kami yah..  Ok tanpa berlama - lama ini dia .. ^^

1. Pilih tema dan warna rumah



Keramik hanyalah salah satu ornamen dalam rumah. Agar rumah bisa cantik dan menarik kita perlu menyatukan ornamen-ornamen rumah dengan tepat, misalnya warna cat rumah, furniture, bentuk rumah dan tidak terkecuali keramik.

Jika kita memilih tema alam dengan warna cream putih hitam dan abu abu, kita hendaknya memilih keramik yang warnanya senada dengan tema yang senada..  Kurang tepat bila kita gunakan keramik warna ungu terang dengan tema disco ya 😁 hihihi... Sebagai gantinya kita bisa memilih keramik bermotif kayu atau bebatuan.

2. Keperluan dan lokasi keramik.



Keramik halaman, garasi terlebih kamar mandi hendaknya dipilih tidak licin dan mudah dibersihkan. Hal ini dilakukan agar rumah aman dan nyaman digunakan oleh seluruh anggota keluarga.. Jangan sampai deh ya ada yang terpeleset akibat keramik licin atau manyun senantiasa karena lelah proses membersihkannya (saya banget) 🤣 hahaha...

3. Ukuran Keramik

Ukuran keramik mempertimbangkan ukuran ruangan dan ukuran keramik lain yang menjadi padanannya. Untuk mendapatkan kesan ruangan yang luas, kita dapat memilih keramik ukuran besar seperti 60x60. 

Kita juga perlu mempertimbangkan ukuran keramik padanannya, misalnya keramik untuk teras vs keramik untuk halaman, atau keramik dalam rumah vs keramik garasi, biasanya dipilih dengan besar ukuran yang sama. 

Sedangkan keramik yang dipasang untuk lantai dan dinding, (misal di kamar mandi) punya panjang yang sama dibagian yang bersentuhan. Misalnya lantai kamar mandi punya keramik ukuran 40x40, maka dindingnya bisa dipilih ukuran 40x40 juga atau ukuran 40x25 dengan ukuran 40 yang menempel lantainya. Hal ini dimaksudkan agar sambungan antar keramik (nat) bisa rapi dan indah.

4.  Motif Keramik



Motif keramik perlu disesuaikan dengan tema rumah, motif keramik dan furniture sekitarnya dan besarnya ruangan. Hendaknya motif keramik tidak terlalu ramai dan bertabrak-tabrakan dengan keramik lainnya dan juga furniture Rumah.

Semakin mungil rumah, motif yang sederhana dan simple akan membuat rumah tampak lebih lenggang.

Sekarang ini motif dan kualitas keramik begitu seragam teman-teman, keramik dari merk yang sama biasanya memiliki ukuran yang sesuai satu sama lain. 

Sedangkan ukuran keramik yang sama dari merk yang berbeda, belum tentu sesuai jika dipasang bersamaan ya. Alangkah lebih baik jika teman-teman memadupadankan terlebih dahulu dan menanyakannya pada tukang teman-teman sebelum membelinya ya..

5. Kekuatan keramik.

Keramik di garasi perlu kuat dan kokoh sebab punya muatan yang besar yah, jangan sampai nanti pecah karena overload.

6. Harga

Harga juga menjadi pertimbangan yang penting, hendaknya teman-teman hitung benar kebutuhan keramik dan cadangannya vs budget teman-teman yah..

Ok teman-teman, sekian dulu sharing saya Inova Melisa tentang tips rumah tentang cara memilih keramik kali ini.. Semoga bisa diambil manfaatnya yah ^_^.

Instagram @inova.melisa
Www.instagram.com/inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube : Inova Melisa
www.inovamelisa.com


Silahkan Bagikan ^^

>