Tips Dapur Rapi dan Cantik




Gimana ya supaya dapur rapi dan cantik?
Jujur pertanyaan ini yang menghantui saya Inova Melisa selama bertahun-tahun.. Haisshh 不不 menghantui apaan coba.. wkwkkw...

Tapi beneran deh kalau teman-teman melihat dapur rumah mungil kami kemarin, pasti prihatin.. Kok gini amat . Berantakan!!

Belajar dari kesalahan yang sudah berlalu, kali ini kami sedang merenovasi rumah mungil kami menjadi agak legaan. Dengan renovasi ini harapannya dapur menjadi lebih rapi dan cantik. Apa saja yang menjadi pedoman kami agar dapur lebih rapi dan cantik, ini dia teman-teman :

1. Kitchen Sink



Kali ini kami menggunakan kitchen sink yang lebih besar dan sudah disertai dengan peniris diatasnya, tujuannya agar lebih leluasa mencuci aneka perlengkapan dapur dan bahan makanan dan meniriskannya. 

Di rumah lama kami, kami menggunakan rak peniris disamping tempat cuci, akibatnya tumpukan piring dan bahan makanan tampak memenuhi meja dapur kami, bahkan ketika piring dan bahan makanan sudah kering, rak itu masi ada disana . Dengan rak terpisah semacam ini kemungkinan air berceceran juga besar dan pembersihan dibawah rak juga lumayan merepotkan.

2. Keramik Dapur

Keramik dapur menurut kami sangat penting, keramik menjaga agar dinding dapur mudah dibersihkan dari uap masakan dan minyak. Di rumah yang lama kami sudah menggunakan keramik dapur, namun sayangnya keliru dalam memilih motif keramik 不.

Motif keramik lama kami cantik, tapi memberi kesan penuh dan sempit didapur mungil kami wkwkw.. Semakin ramai dan gelap warna keramik, semakin sempit dan penuh kesan ruangan itu.

Jadi kali ini, kami memilih motif keramik polos yang akan kami hias seperlunya menggunakan aneka stiker kekinian. 

3. Open Kitchen vs Closed Kitchen

Eh istilah saya bener atau gak nih ya? Maksud saya adalah tentang penataan aneka barang dapur dan bahan makanan.

Dahulu di dapur lama kami, saya menggantung aneka perlengkapan masak saya di satu stik panjang lengkap dengan aneka rak bumbunya. 

Saya akui ini sangat memudahkan saya mencari dan mengambil alat dan bahan masakan, namun saya perlu membersihkannya lebih sering dari debu dan uap masakan.  Untuk kami yang saat ini mesti rawat anak, bebersih rumah dan bekerja dari rumah tampaknya ini bukan ide yang baik.

Sebagai solusinya kami akan menyusunnya di dalam rak atau almari, sehingga relatif bebas debu dan uap lebih lama, tersembunyi dengan rapi didalam rak atau almari.


4. Kitchen Set

Dahulu kami menyimpan aneka bahan makanan dalam kontainer plastik bawaan dari kami kost . Cukup membantu dapur tampak rapi, barang terorganizir dengan baik, walaupun warnanya warna warni melebihi warna pelangi.

Hmm soal warna pun sebetulnya sudah kami temukan solusinya dengan memberikan wallstiker yang senada. Btw saya langganan aneka wallstiker kece badai disini yahh kepoin aja .



Tapi kali ini kami berpikir (sedang menabung) untuk menggunakan kitchen set, alasannya selain lebih rapi kami juga bisa memanfaatkan area diatas meja dapur.. Gak mungkin kan kami pasang kontainer bekas masa kami anak kost kostan diatas meja dapur hehehe.. .

5. Pembuangan Uap Masak

Uap masakan membuat daerah sekitarnya berbau, lebih kotor dan lengket, dan jika menempel di perabot kayu apalagi tembok sulit dibersihkan.

Di dapur lama kami, kompor kami letakan di depan jendela.. Bau uap masakan dapat keluar dengan leluasa, dinding dapur juga sudah kami keramik, namun sayangnya jendela kami terbuat dari kayu.. 

Jadi iya itu kayu jendela jadi tampak kotor, dan beberapa netizen penonton youtube masak saya membully dapur saya kotor gara gara lihat jendela saya . Semoga mereka sekarang tidak senasib dengan saya kemarin yah.. . Mau melihat kotornya dapur saya kemarin boleh mampir ke link ini yah hehehe 不.

Nah kali ini solusi yang kami lakukan adalah dengan :
* mengkeramik dinding dapur
* tidak meletakan perabot kayu didekat / diatas kompor
* menggunakan sistem void sebagai saluran uap masakan keatas (sistem void : lubang atas dapur menuju ke atap tingkat 2).
* menggunakan cooker hood bila perlu.

Bila perlu saja si pakai cooker hood secara harga lumayan juga hahahaha.. 不 

Hmm apalagi ya kira-kira yang kurang dari Tips Dapur Rumah Inova Melisa ? Bantu tambahkan di kolom komentar dong teman-teman.. Terima kasih sudah mampir dan memberi masukan ya..  Semoga sharing saya bisa diambil manfaatnya yah..

Best Regard

Instagram @inova.melisa
Www.instagram.com/inova.melisa
Facebook : Inova Melisa
Youtube : Cerita Inova Melisa
www.inovamelisa.com






Silahkan Bagikan ^^

>